Traveling Sehari di Singapura

Merlion - Singapura
Bepergian ke luar negeri bagi sebagian orang mungkin biasa saja, dan bisa dilakukan kemana atau kapan saja. Tapi lain hal bagi yang berkantong tipis, perlu nabung sekian lama untuk kumpulin dana. Bagi kalian yang punya keinginan kuat  dan sudah merencanakanjauh hari ke luar negeri, Singapura mungkin bisa jadi tujuan pertama sebelum ke negara yang lebih jauh lagi. Dekat dan relatih murah biayanya.

Di tulisan kali ini, saya akan berikan beberapa informasi traveling ke Singapura melalui Batam dan sedikit rekomendasi tempat wisata yang bisa dikunjungi dalam waktu sehari di Singapura.
Pertama yang harus disiapkan adalah paspor. Pastikan paspor masih aktif masa berlakunya, minimal jangan sampai kurang dari 6 bulan, karena akan sedikit menemui masalah ditanya ini itu oleh petugas imigrasi. Ada dua pilihan pelabuhan yang melayani penyeberangan ke Singapura. Yang saya tahu pelabuhan Batam Center dan Sekupang dengan tujuan pelabuhan  HarbourFront dan Tanah Merah. Pilih tujuan pelabuhan HarbourFront. Pelabuhan Batam Center lebih banyak pilihan jam keberangkatan, mulai jam 06.00 dan terakhir 30.35 wib namun tergantung pilihan kapal ferry. Agar perjalanan kita leluasa dari pagi hingga malam, saya pilih Majestic Ferry karena jam kembalinya menyediakan sampai jam 21.20 Wib. Pastikan tiket yang anda pilih adalah tiket pulang-pergi, harga tiket antara Rp.370.000 – Rp. 400.000 lama perjalanan ferry hanya sekitar 1 jam saja. Di pelabuhan keberangkatan isilah formulir imigrasi dengan benar, nama sesuai KTP/Paspor, lamanya di Singapura dan tujuan, untuk tujuan sekedar formalitas bias diisi dengan sentosa. Satu lagi siapkan pecahan uang Singapura, banyak temoat penukaran uang di Pelabuhan.

Sedikit tips, budaya Singapura beda dengan Indonesia, mereka menyukai kebersihan , kerapihan jadi ada baiknya kenakan pakaian yang rapih, sebaiknya hindari pakai kaos oblong. Pengalaman saya sih (kliatan kayak gembel kali ya), sempet ditanya ini itu oleh petugas imigrasi di Singapura, bahkan ditanya jumlah tabungan segala.

Peta Jalur MRTSingapura
Untuk menjelajah Singapura jangan kuatir soal moda transportasi, banyak pilihan dan semuanya sudah terintegrasi. Taxi, bos dan MRT bias jadi pilhan. Dua kali kunjungan saya ke Singapura MRT menjadi pilhan saya, nyaman, bersih, tepat waktu dan murah. Dari pelabuhan HarbourFront ikuti petunjuk arah yang akan membawa kita ke stasiun pemberangkatan MRT, untuk keliling menggunakan MRT seharian penuh cukup membeli kartu seharga 12 SGD singapura. Posisi stasiun berada di bawah tanah sekitar pelabuhan. Sebelum keliling menggunakan MRT carilah peta jalur MRT terlebih dahulu untuk pegangan, paling tidak kita bisa tahu di stasiun mana ada pertemuan dengan jalur lain dan tentunya buat mengetahui stasiun mana yang memiliki jarak terdekat dengan obyek yang akan kita tuju.

Ada baiknya sebelum mengeklpor singapura, terlebih dahulu makan pagi di foodcort HarbourFront, banyak pilihan menu makanan yang cocok dengan lidah orang Indonesia. Jangan kawatir harganya gak mahal, satu porsi nasi campur sekitar 6 SGD saja, penjualnya juga fasih berbahasa Indonesia.

1. Sentosa Island


Adalah salah satu destinasi wisata popular bagi wisatawan. Lokasinya tidak jauh dari HarbourFront, untuk kesana bias jalan kaki atai pakai skytrain. Untuk menghemat waktu kita cukup mencari spot-spot foto menarik di sekitar sentosa. Berfoto dengan latar bola dunia yang ada didepan Universal studio adalah spot foto wajib yang harus dikunjungi atau spot lainnya yang tak kalah menarik.
Selain Universal Studio, ada banyak destinasi lain yang bisa dikunjungi di Sentosa. Seperti Madame Tussaud, Skyline Luge, Song of The Sea, dll. Tapi semuanya harus bayar lagi. Salah satu yang gratis adalah Merlion Sentosa yang terletak di dekat Imbiah Station.

2. Merlion

Tujuan selanjutnya yaitu ke Merlion, patung singa yang memuntahkan air. Katanya sih Gak sah kalua ke Singapora tidak foto di depan icon negara ini. Untuk sampai ke Merlion, dari HarbourFrony/Vivo City bisa menggunakan MRT. Caranya, cari akses ke MRT Harbour Front. Pada saat inilah peta MRT sangat diperlukan. Pilih jalur ungu menuju Punggol, turun di Outram Park, lalu pindah ke jalur hijau dan turun di Raffles Place.

Di Raffless Place station, cari exit yang mengarah ke Fullerton, saran saya sih jangan malu bertanya, daripada muter-muter gak jelas cari jalan. Sambil berjalan menuju Merlion, kita menyusuri jalanan yang tepatnya sih lebih disebut gedung Mall. Jembatan penyeberangan yang didesain menyerupai pertokoan. Disepanjang jembatan terdapat toko-toko yang menjajakan berbagai barang seperti parfum, tas dan pakaian.

Sekitar Merlion terdapat banyak deretan café yang menyediakan makanan, seperti roti dan kopi tapi kalau mau belanja di kelas kaki lima, kalian bisa berjalan sedikit ke belakang patung merlion tepatnya dibawah jalan layang. Ada makanan, jajanan dan cinderamata untuk oleh-oleh.

3. Orchard Road

Dari Merlion, lanjutkan perjalanan menuju Orchard Road dengan menggunakan MRT menuju City Hall. Di City Hall pindah jalur merah dan turun di Orchard. Di Orchard kita bisa belanja-belanja atau sekedar window shopping, sekedar jajan es krim atau foto-foto didepan deretan gedung di sepanjang Orcard Road.

Ingat Ferry terakhir menuju Batam itu ada di jam 21.20 waktu Singapore. Jadi saking asyiknya jalan dan belanja jangan sampai kemaleman dan ketinggalan ferry menuju Batam. Lebih baik nongkrong di vivo city sambil nunggu pilihan ferry keberangkatan menuju Batam.Mungkin itu saja yang bias saya bagikana, mudahan bermanfaat, Happy Traveling…!!!

Post a Comment for "Traveling Sehari di Singapura"