Pantai Kelingking nan Jempolan

Pantai Kelingking - Nusa Penida

Nama Kelingking Beach mungkin baru akhir-akhir ini banyak dibicarakan orang. Keindahannya sangat menakjubkan. Masih sedikit asing di kalangan masyarakat dan belum banyak diketahui. Banyaknya pengguna medsos, membuat pantai ini semakin populer. Dan beberapa media menyebutkan, pantai Kelingking merupakan salah satu pantai terbaik di Asia bahkan Dunia.

Kelingking Beach terletak di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Pantai Kelingking adalah salah satu tempat yang direkomendasikan untuk Anda kunjungi saat berwisata di pulau Bali. Kelingking Beach ramai dibicarakan, meski tempatnya tersembunyi namun menghadirkan keindahan yang luar biasa dan sangat diburu pengunjung, terutama pada hari-hari libur. Pantai ini dikelola oleh pemerintah Desa setempat, awal Agustus 2019 tarif masuk untuk motor berikut dua penumpang dikenakan retribusi sebesar Rp.5000,-.

Pantai kelingking berada jauh dibawah tebing. Hal yang pertama terlihat ketika berada di pantai kelingking yaitu bentuk ujung pulau yang menyerupai kepala dinosaurus. Kepala dinosaurus itulah yang jadi target pengunjung untuk berfoto. Menuju kepala Dinosaurus hanya tersedia jalan setapak sempit nan terjal menurun. Kondisi jalan yang sempit inilah yang menyebabkan pantai kelingking terlihat sangat ramai pengunjung. Untuk menuruni tebing dan berswafoto kadang harus antri.
Airnya jernih, biru dan bersih. Dari atas tebing pantai terlihat berwarna krem bersih, istimewanya meskipun akses menuju pantai sangat terjal dan curam, namun beberapa pengunjung terlihat bersantai dan berjemur di tepi pantai. Pada tepi tebing dan jalan setapak hanya dipasang pagar bamboo yang diikat dengan tali plastic sebagai pengaman, sangat berbahaya sebenarnya. Pasir pantainya cukup luas sehingga masih aman dari jangkauan ombak yang sesekali datang.

Rute dan Lokasi

Pantai Kelingking - Nusa Penida
Pantai Kelingking berada di Nusa Penida yaitu gugusan pulau kecil yang masih termasuk bagian Provinsi Bali. Ada gugusan tiga pulau yaitu, nusa penida, nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Meskipun berbada pulau dengan Bali, untuk menuju Nusa Penida sebenarnya tidak begitu sulit. Kita bisa menggunakan kapal feri dari pelabuhan padang bai, atau kapal cepat dari  pelabuhan kusamba klungkung atau dari Pantai Sanur. Normalnya membutuhkan waktu tempuh 30-45 menit. Untuk traveller, sangat direkomendasikan menyeberang melalui Pantai Sanur. Banyak pilihan layanan kapal cepat yang bisa mengantar ke Nusa Penida dan semuanya dapat dipesan langsung di sekitar pantai Sanur, biasa sewanya sangat terjangkau yaitu Rp. 75.000,- sekali jalan. Ada dua jurusan penyeberangan dari Pantai Sanur, yaitu jurusan Nusa Penida dan Nusa Lembongan, pastikan tiket anda menuju Nusa Penida. Bagi traveller yang ingin kembali pulang pada sore harinya, jangan lupa langsung pesen tiket ketika sampai di Nusa Penida, sangat resiko jika pemesanan dilakukan mendadak, biasanya penuh dan penyedia kapal lebih mengutanmakan penumpang system booking di awal.

Setelah sampai di Nusa Penida, jangan kawatir dengan moda transportasi. Memang tidak banyak tersedia angkutan umum disana, namun ketika kita turun dari kapal/boat, banyak masyarakat yang menyewakan motor untuk disewakan. Infrastruktur jalan yang sempit, berliku, naik turun dan beberapa ruas masih jalan tanah atau aspal sudah rusak, motor adalah pilihan terbaik untuk mengekplor alam Nusa Penida. Biaya sewanya murah, hanya Rp.100.000,- untuk sehari (24 jam). Jangan lupa coba motor sebelum disewa, terutama rem harus dipastikan berfungsi dengan baik, jalanan nusa penida banyak turunan, tikungan dan tanjakan. Sistem bayarnya lunas di muka, karena ketika kita pulang kembali ke Sanur kita dpat meninggalkan motor berikut kunci sebarang saja, namun di area tempat awal menyewa. atau ditempat lain sesuai kapal pulang yang kita pesan, kalau ini kondisinya kita mesti menghubungi pemilik motor untuk menginformasikan lokasi motor kita tinggal.

Banyak pantai indah dan unik di Nusa Penida, namun jangan buru-buru, selesaikan dulu ekplor pantai sekitar Pantai Kelingking, ada Pantai Broken Beach atau Pasir Uug dan pantai Angel Billabong. Keduanya tak kalah indah disanding Pantai Kelingking.

Post a Comment for "Pantai Kelingking nan Jempolan"