World Wildlife Day 2022

World Wildlife Day 2022
World Wildlife Day 2022  atau Hari Hidupan Liar sedunia diperingati pada tanggal 3 Maret 2022. Peringatan World Wildlife Day pertama ditetapkan oleh PPB pada tanggal 20 Desember 2013. Saat itu Majelis Umum PBB mendeklarasikan tanggal 3 Maret sebagai World Wildlife Day (Hari Hidupan Liar Sedunia). Deklarasi tersebut didasari oleh rekomendasi yang disampaikan oleh negara-negara peserta CITES (COP 16) yang diselenggarakan di Bangkok pada tanggal 03-14 Maret 2013. Sedangkan penetapan tanggal 3 Maret didasarkan pada tanggal penandatanganan konvensi Perdagangan Internasional Spesies FLora dan Fauna Langka yang Terancam Punah (CITES) pada tahun 1978.

Tujuan penetapan World Wildlife Day  adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pelestarian satwa dan tumbuhan liar di dunia. Tema peringatan World Wildlife Day 2022 yaitu “Recovering Key Species for Egosystem Restoration” (Memulihkan spesies kunci untuk restorasi ekosistem). Tema ini berupa ajakan untuk meningkatkan upaya perhatian, mendorong diskusi, dan menerapkan solusi pelestarian beberapa spesies flora dan fauna liar yang terancam punah.

Tema ini diambil dengan dasar isu faktual yang terjadi saat ini. Rusak dan berkurangnya habitat dan ekosistem mengakibatkan hilangnya beberapa spesies tumbuhan dan satwa liar, dan kondisi tersebut tentunya mengancam semua kehidupan, termasuk manusia. Tidak ada individu di manapun yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri, semua makhluk sangat tergantung satu sama lain atau lingkungan sekitarnya.

Sebagaimana kita lihat dalam rantai makanan, maka tumbuhan dan satwa menjadi salah satu mata rantai pangan yang penting bagi manusia. 

Saat ini, tingginya populasi manusia dan perkembangan pembangunan, telah merusak dan menggeser habitat alami tumbuhan dan satwa. Pemanfaatan tumbuhan dan satwa secara masif sebagai bahan pangan, tanpa disadari telah banyak melanggar kesejahteraan hidup satwa.

Manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sangat tergantung pada tumbuhan dan satwa liar, mulai dari makanan, obat-obatan, pakaian dan tempat tinggal. Demikian juga mata pencaharian, ribuan bahkan jutaan orang menggantungkan hidupnya pada tumbuhan dan satwa liar.

Perdagangan illegal satwa saat ini begitu marak terjadi, baik di pasar konvensional (offline) maupun secara online. Sangat mudah mengakses penjual tumbuhan atau satwa liar melalui media sosial. Banyak bertebaran link yang bisa kita akses untuk bergabung dengan grup whatapps jual-beli satwa liar. Mata pencaharian yang bergantung pada keberadaan tumbuhan dan satwa saat ini berada di persimpangan atas dampak dari berbagai krisis yang saat ini kita hadapi. Mulai dari perubahan iklim, hilangnya keanekaragaman hayati, hingga dampak sosial dan ekonomi dari pandemi Covid-19. Data menurut International Union for Conservation of nature (IUCN) Red Lst of Threatened Species, lebih dari 8.400 masuk karegori Critically endangered dan hampir 30.000 lainnya masuk kategori terancam punah atau rentan.

Tema World Wildlife Day selalu berubah pada setiap tahunnya, tergantung dengan isu yang berkembang pada tahun bersangkutan. Berikut tema World Wildlife Day dari tahun ke tahun:

2014: - (The first World Wildlife Day is celebrated)
2015: "It’s time to get serious about wildlife crime".
2016: "The future of wildlife is in our hands", with a sub-theme "The future of elephants is in our hands".
2017: "Listen to the young voices".
2018: "Big cats - predators under threat".
2019: "Life below water: for people and planet"
2020: "Sustaining all life on earth"
2021: "Forests and Livelihoods: sustaining people and planet"
2022:  “Recovering Key Species for Egosystem Restoration”.

Peringatan World Wildlife Day 2022 diharapkan menjadi pengingat betapa pentingnya upaya pelestarian spesies tumbuhan dan satwa liar yang terancam punah.

Post a Comment for "World Wildlife Day 2022"