5 Taman Nasional Tertua di Indonesia Berulang Tahun

5 Taman Nasional Tertua
(sumber: BTN Way Kambas)
5 Taman Nasional Tertua di Indonesia, hari ini 6 Maret 2022 berulang tahun. Artikel ini terinspirasi dari unggahan akun Instagram Balai Taman Nasional Way Kambas,  akun yang sudah lama saya ikuti. Dalam unggahannya disebutkan bahwa tepat 42 tahun yang lalu 5 Taman Nasional pertama di Indonesia, yaitu 1) Taman Nasional Gunung Leuser, 2) Taman Nasional Ujung Kulon, 3) Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, 4) Taman Nasional Komodo, dan 5) Taman Nasional Baluran hari ini berulang tahun. 5 Taman Nasional tersebut ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pertanian tanggal 6 Maret 1980. 

Menurut UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, Taman Nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata dan rekreasi alam. 5 Taman Nasional tertua ini ditetapkan karena memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi dengan keberadaan satwa-satwa endemik dan ikonik.

Berikut sekilas tentang 5 Taman Nasional tertua di Indonesia:

1. Taman Nasional Gunung Leuser

Tamana Nasional Gung Leuser terletak di 2 Provinsi yaitu Aceh dan Sumatera Utara dengan luas kawasan 830.268,95 hektare. Wisata unggulannya yaitu pendakian, patroli dan jelajah hutan bersama gajah, yaitu gajah jinak yang didampingi oleh mahout (pelatih gajah) yang berpengalaman. Spesies ikonik dari Taman Nasional ini yaitu Gajah Sumatera (Elephas maximus), Orangutan sumatera (Pongo abelii), Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae), Badak Sumatra (Dicerorhinus sumatrensis), Raflesia (Rafflesia lawangensis), dan satu jenis flora khas yaitu Daun Payung Raksasa (Johannesteijsmannia altifrons).

2. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon terletak di Provinsi Banten dengan luas kawasan 105.694,46 hektare. Merupakan perwakilan ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah yang tersisa dan terluas di barat Pulau Jawa. Salah satu wisata andalannya yaitu Pulau Peucang. Beberapa spesies khasnya yaitu Merak Hijau (Pavo muticus), Banteng (Bos sp) dan tentu saja Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus), badak bercula satu yang tersisa di Pulau Jawa.

3. Taman Nasional Gung Gede Pangrango

Taman Nasional Gung Gede Pangrango terletak di Provinsi Jawa Barat, yaitu di Kabupaten Cianjur, Sukabumi dan Bogor. Kawasannya seluas 24.270,80 hektare, dan dikenal dengan kawasan yang memiliki keragaman burung terbanyak di Pulau Jawa. Menurut sejarahnya Taman Nasional Gunung Gede Pangrango juga merupakan habitat dari Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus). Wisata unggulannya yaitu pendakian menuju Gung Gede dan Gunung Pangrango. Beberapa spesies khasnya yaitu Owa Jawa (Hylobates moloch) dan Elang Jawa (Nisaetus bartelsi).

4. Taman Nasioal Komodo

Taman Nasioal Komodo terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur, yaitu di Kabupaten Manggarai Barat dengan luas kawasan 182.839,39 hektare. Kawsan Taman Nasional ini berupa gugusan pulau-pulau dan Pulau-pulau tersebut merupakan habitat dari Komodo (Varanus komodoensis) yaitu reptile purba yang tersisa di bumi. Alamnya unik yaitu berupa padang savanna dengan beberapa vegetasi pohon lontar. Wisata unggulannya yaitu menyaksikan biawak Komodo, diving dan menikmati pemandangan pantai yang indah dan unik. Beberapa spesies khasnya yaitu Komodo, Paus (lima jenis), Lumba-lumba (Tursiops sp), Penyu Hijau (Chelonia mydas), Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata), Dugong (Dugong dugon), beragam jenis Hiu dan Ikan Pari.

5. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran terletak di Provinsi Jawa Timur, yaitu di Kabupaten Situbondo dengan luas kawasan 25.000 hektare. Taman Nasional Baluran memiliki 4 tipe ekosistem, yaitu Hutan Mangrove, Hutan Payau, Savana, Hutan Monsoon. Wisata unggulannya yaitu pengamatan satwa dan padang savanna. Beberapa spesies khasnya yaitu Merak hijau (Pavo muticus), Elang Jawa (Nisaetus bartelsi), Banteng (Bos sondaicus), Kerbau liar dan Macan dahan (Panthera pardus).

Saat ini Indonesia memiliki 54 Taman Nasional dengan tipologi spesifik, baik berupa satwa/tumbuhan prioritas yang berperan dalam ekosistem, serta memiliki jasa ekosistem dan lingkungan yang berbeda-beda. Semoga penetapannya sesuai dengan tujuan mulia para konservasionist terdahulu, yaitu sebagai benteng terakhir pelestarian ekosistem dan keanekaragaman hayati di Indonesia.

Dirgahayu yang ke-42 tahun, 5 Taman Nasional Tertua di Indonesia...


2 comments for "5 Taman Nasional Tertua di Indonesia Berulang Tahun"

  1. Waaah artikel yang sangat bermanfaat gan

    www.koraninformasi.com

    ReplyDelete